Sabtu, 08 Juni 2013

Bahayanya Mie Instan Bagi Kesehatan Tubuh


Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan

Mie Instan mengadung Zat Adiktif seperti bahan pengawet dan pewarna yang tidak dapat di cerna oleh tubuh sehingga tidak dapat dikeluarkan dan akan mengendap dalam tubuh apabila di konsumsi secara berlebihan akan menimbulkan permasalahan kesehatan yang serius.


Dan berikut bahaya mie instan bagi kesehatan apabila di konsumsi secara berlebihan

  1. Jaringan Otak Rusak

    Mengkonsumsi Mie Instan terlalu sering akan menyebabkan penumpukan zat berbahaya dan dapat menyebabkan terganggunya jaringan otak yang bisa menimbulkan stroke atau lumpuh.
  2. Rentan Terkena Kanker

    Seperti kita tau bahwa mie instan dilapisi dengan lilin dan zat pengawet sehingga dapat bertahan lama. Bayangkan saja bila sisa lilin atau pengawet masuk kedalam tubuh kita, bumbu mie instan juga mengandung MSG yang menjadikan rasa makanan menjadi enak dan dapat menimbukan ketagihan, namun mengkonsumsi MSG berlebih justru dapat memicu kanker.

Zat-zat berbahaya yang terdapat pada Mie Instan

  • Bumbu dan pelengkap Bumbu yang membuat Mie instan jadi nikmat biasanya berbahan MSG atau vetsin. Permasalahanya terdapat pada media mikrobial, yaitu media yang digunakan untuk mengembangbiakkan mikroorganisme yang berfungsi memfermentasi bahan baku vetsin.
  • Bahan penambah rasa biasanya mie yang dijual tersedia dalam berbagai rasa, biasanya menggunakan flavor. Bahan inilah yang akan memberi rasa mie, apakah ayam bawang, ayam panggang, kari ayam, soto ayam, baso, barbequ, dan sebagainya. titik permasalahanya terdapat pada sumber flavor. Jika flavor bersumber dari hewan, tentu harus jelas jenis dan cara penyembelihannya. Apalagi flavor yang berasal dari rambut maupun bagian lain dari tubuh manusia, statusnya tentu saja haram.

Dan inilah tips bagi Anda jika terpaksa memakan Mie Instan:

  • Pada saat memasak mie, air rebusannya jangan digunakan untuk kuah mie.
  • Air rebusan pertama dibuang, kemudian jika perlu diberi kuah, gunakan air panas/hangat lain (misal dari termost) yang tidak tercampur mie saat memasaknya.
  • Atau, masak mie instan sambil diaduk-aduk, buang air rebusan mie, masak kembali mie instan dengan air mendidih yang baru, masak sampai mie matang dan mie siap diberi bumbu.


Tidak ada komentar: